Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

Mitos Menabrak Kucing Hingga Mati yang Banyak Dipercaya Orang

Mitos Menabrak Kucing Hingga Mati - Negara kita merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang kaya akan keragaman budaya dan kepercayaan. Dengan banyaknya suku dan bangsa yang hidup di Indonesia, tak heran jika negara kita menjadi kaya akan budaya. Salah satu budaya yang kerap dipercaya dan diamini oleh banyak masyarakat antara lain adalah mitos-mitos yang beredar dalam kehidupan.

Dan salah satu mitos menarik yang banyak dipercaya sekaligus banyak dipertanyakan adalah mitos tentang menabrak kucing secara tak sengaja saat berkendara, hingga mengakibatkan si kucing mati. Menurut mitos tersebut, jika kita menabrak kucing hingga mati, maka kesialan akan datang menghampiri kita, atau bahkan bisa menyebabkan kejadian buruk dalam perjalanan yang kita lakukan. Untuk mencegah kesialan datang, kita harus menguburkan kucing yang kita bunuh.

Di sebuah perjalanan, saat sedang beristirahat, saya sempat bertemu dengan seorang pengendara mobil yang cukup panik dan terlihat takut terjadi sesuatu, karena tak jauh dari tempat kami bertemu, ia menabrak seekor kucing hutan liar hingga mati, namun karena saat itu kebetulan sudah sangat malam, ia tak berani menghentikan mobil untuk sekedar menguburkan jasad si kucing tersebut. Akhirnya, di tempat peristirahatan, ia menyuruh dan memberi upah pada seorang bapak pemilik warung untuk bantu mencari kucing tersebut dan menguburkannya.

Dari kejadian nyata tersebut, bisa disimpulkan jika kebanyakan orang Indonesia cukup percaya dengan mitos menabrak kucing yang saya bahas di atas. Pengendara tersebut begitu ketakutan akan ada hal buruk yang terjadi setelah ia menabrak seekor kucing, padahal ia melakukannya dengan cara tak sengaja. Sebenarnya, jika dikaitkan dengan kepercayaan yang mayoritas dianut bangsa kita, yakni Islam, jika hal tersebut dilakukan dengan cara tak sengaja, maka tidak akan menyebabkan dosa yang akan membawa malapetaka.

Al-Quran juga sudah mengabarkannya dengan sangat jelas, lewat ayat yang berbunyi : "Tidak ada dosa bagi-mu untuk perbuatan yang kamu tidak sengaja, tetapi (yang ada dosa) apa yang disengaja oleh hatimu." (QS. Al-Ahzab: 5). Maka dari itu, jika kita benar-benar percaya dengan firman Alloh tak perlu ada yang ditakutkan jika satu waktu secara tak sengaja kita menabrak kucing dalam perjalanan.

Namun, mitos tetaplah mitos, dan masyarakat kita yang memang masih memegang erat budaya-budaya yang sudah dipercaya turun-temurun juga tak bisa disalahkan. Jika dianalisis lebih jauh lagi, mitos tersebut juga sebenarnya mengandung unsur yang cukup baik. Karena mitos tersebut bukan hanya menakut-nakuti kita dengan akibat saja, namun ada tambahan solusi yang bagus yakni jika kita menguburkan kucing tersebut dengan cara yang baik dan benar, maka kejadian buruk dan kesialan tidak bakal menghampiri.

Jadi kesimpulannya seperti apa? Apakah mitos itu benar atau tidak? Dan haruskah kita mempercayainya? Karena sulit untuk membuktikan sebuah mitos dengan cara ilmiah, mari kita ambil jalan tengah saja. Jika memang kebetulan kita menabrak kucing hingga mati, alangkah baiknya kita segera menguburkan si kucing malang tersebut, karena menyayangi hewan merupakan salah satu perbuatan baik yang sangat layak untuk dilakukan.

Itu saja sedikit pembahasan tentang mitos menabrak kucing hingga mati yang bisa saya bagikan kepada anda semua, semoga bermanfaat.

Mitos Menabrak Kucing Hingga Mati yang Banyak Dipercaya Orang | Kucing Males | 5