Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

5 Fakta Menarik Seputar Kehamilan Kucing yang Perlu Anda Tahu

Lama Masa dan Info tentang Kehamilan Kucing - Seperti manusia, kucing yang juga termasuk salah satu mamalia memiliki sistem reproduksi dan perkembangbiakan yang tak berbeda jauh dengan manusia. Bedanya, karena banyak hal, lama waktu kehamilan kucing dari mulai terbentuk janin hingga persalinan pastinya jauh lebih singkat dari manusia yang butuh waktu 9 bulan untuk mengandung.
induk kucing dan anaknya yang masih sangat kecil
Para pecinta kucing sejati atau tentunya para breeder yang telah berpengalaman dalam mengembangbiakkan kucing pastinya sudah tak asing lagi jika kebetulan kucing peliharaannya mengandung dan bersiap melakukan persalinan. Namun, bagi kita yang masih awam atau bahkan baru pertama kali mempunyai kucing sebagai hewan peliharaan, menghadapi situasi dimana kucing kita tiba-tiba hamil dan bersiap melahirkan bisa jadi momen yang membingungkan.

Pertanyaan-pertanyaan seperti : Berapa lama masa kehamilan kucing berlangsung? Bagaimana cara merawat kucing yang sedang hamil? hingga Bagaimana membantu persalinan kucing? Pastinya menjadi pertanyaan standar untuk mendapatkan jawaban atas kebingungan kita.

Nah, untuk menjawab beberapa pertanyaan diatas, sekaligus menambah wawasan kita tentang hal-hal berkaitan kehamilan kucing, berikut ini saya akan membahas sedikit informasi tentang 5 fakta menarik seputar kehamilan kucing yang perlu anda tahu.

1. Lama masa kehamilan kucing jauh lebih singkat dari manusia, kurang lebih sekitar 2 bulan saja.

Berdasarkan studi kasus dan data-data yang diambil dari banyak percobaan yang dilakukan para pakar, apapun jenis rasnya, baik itu kucing persia, anggora, siam, maine coon, dan lain sebagainya, rata-rata masa kehamilan kucing biasanya berlangsung dalam rentang waktu selama 64-67 hari. Hal itu bergantung pada banyak faktor, mulai dari kesehatan kucing, jumlah janin yang dikandung, dan lain sebagainya.

2. Dalam kondisi normal, jumlah anak yang dilahirkan oleh kucing biasanya 4-6 ekor saja.

Dari studi kasus, diperoleh data bahwa seekor dalam setiap fase kehamilan, induk kucing paling sedikit akan melahirkan 1 ekor anak kucing, dan kasus tak normal yang pernah terjadi, seekor induk kucing tercatat pernah melahirkan 13 ekor anak yang menjadi rekor hingga kini. Namun, jika kondisinya normal, rata-rata data dari hasil percobaan dan pengujian menyatakan seekor induk kucing normal biasanya melahirkan 4-6 ekor kitten.

3. Proses persalinan kucing bisa dibantu manusia, bahkan bisa dengan cara operasi caesar.

Proses persalinan kucing tanpa bantuan manusia bisa berlangsung cukup lama, menurut catatan, jika tanpa dibantu manusia, proses waktu persalinan kucing maksimal bisa mencapai 48 jam, atau 2 hari! Untuk meringankan beban si kucing dan mempercepat masa persalinan, apalagi jika si induk adalah kucing kesayangan anda, maka bantuan dari manusia sangat diperlukan. Jika kasus kehamilannya tak normal, atau anda punya uang berlebih agar kucing kesayangan tak menderita karena proses persalinan, bantuan operasi caesar bisa dijadikan pilihan bagus.

4. Semakin banyak anak yang dikandung induk kucing, masa kehamilan biasanya berlangsung lebih cepat.

Salah satu faktor yang paling mempengaruhi lamanya masa kehamilan kucing adalah jumlah anak yang dikandung oleh induk kucing. Semakin banyak jumlah janin, biasanya masa kehamilannya akan berlangsung lebih singkat.

5. Anak kucing bisa memiliki banyak bapak, tergantung berapa pejantan yang mengawini induknya.

Karena kucing termasuk salah satu hewan superfekunditas, kasus seekor anak kucing bisa memiliki banyak ayah merupakan hal yang biasa terjadi di dunia kucing. Hal ini tentunya bergantung pada seberapa banyak pejantan yang mengawini si induk selama masa perkawinan. Hal ini menjadi fakta unik, karena bagi kita sebagai manusia, kejadian ini cukup mustahil terjadi dan sulit diterima nalar. Tetapi bagi kucing, kejadian seperti ini merupakan hal biasa yang jamak terjadi.

***

Itulah 5 fakta menarik seputar kehamilan kucing yang perlu anda tahu. Beberapa fakta yang saya jelaskan di atas memang tidak 100% pasti terjadi, karena terpengaruh banyak variabel yang tak bisa diambil kesimpulan mutlaknya, namun setidaknya fakta-fakta tersebut bisa anda gunakan sebagai referensi ataupun tambahan wawasan agar anda tak terlalu bingung jika sewaktu-waktu kucing anda memasuki masa kehamilan. Semoga bermanfaat.

5 Fakta Menarik Seputar Kehamilan Kucing yang Perlu Anda Tahu | Kucing Males | 5