Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

5 Fakta Menarik Kucing Savannah yang Perlu Anda Tahu

Fakta Kucing Savannah - Beberapa ras kucing unik belakangan mulai populer di kalangan para pecinta kucing tanah air. Kemajuan teknologi informasi menjadi salah satu penyebab beberapa ras kucing unik yang sudah sejak dulu populer di berbagai negara maju, kini juga mulai diminati para pecinta kucing di Indonesia. Kucing unik seperti kucing siam, kucing sphynx, kucing maine coon, dan tentunya kucing savannah yang akan dibahas di artikel ini, mulai banyak diperjualbelikan oleh para breeder Indonesia.

kucing savannah yang keren
Fenomena ini tentunya sangat bagus untuk menyemarakkan dunia kucing Indonesia. Setelah bertahun-tahun hanya kucing anggora dan kucing persia saja yang bercokol sebagai kucing ras paling populer di tanah air, kini popularitas mereka mulai disaingi kucing ras baru hasil impor dari negara lain, seperti menkun (maine coon), siam, savannah, scottish fold, hingga kucing bengal. Dan kali ini, kami akan mencoba membahas tentang salah satu kucing ras yang popularitasnya sedang mulai menanjak di tanah air, yakni kucing savannah.

Kucing savannah yang punya perawakan mirip dengan cheetah memang tergolong unik. Memelihara kucing jenis ini tentunya akan memberikan sensasi memelihara hewan liar yang jinak di rumah anda. Dengan semakin gencarnya larangan untuk memelihara kucing hutan, jenis kucing jinak yang memiliki rupa cukup liar seperti kucing bengal dan savannah pun bisa jadi solusi alternatif bagi anda penyuka kucing hutan yang enggan melanggar hukum untuk sembunyi-sembunyi membeli dan memelihara kucing hutan sebagai peliharaan.

Untuk mengenal lebih dekat dengan kucing bercorak cantik dengan rupa yang garang ini, berikut beberapa fakta menarik kucing savannah yang perlu anda tahu.

1. Kucing savannah sudah mulai dikembangbiakkan sejak tahun 1986, namun baru diakui sebagai kucing ras yang terdaftar pada tahun 2012.

Kucing savannah merupakan hasil persilangan dari kucing serval yang merupakan kucing liar jantan asli Afrika, dengan kucing domestik betina. Persilangan tersebut dihasilkan melalui percobaan yang dilakukan oleh seorang breeder Amerika pada sekitar tahun 1986. Setelah sukses menghasilkan kucing exotis yang diberi nama Savannah. Jenis kucing ini mulai terus dikembangbiakkan hingga diakui sebagai jenis kucing baru oleh TICA pada tahun 2012 lalu.

2. Aktif bergerak, ramah, dan pintar merupakan keunggulan dari kucing savannah.

Meski rupanya cukup garang dan liar dengan ukuran tubuh yang lumayan besar, kucing savannah ternyata memiliki karakteristik sifat yang ramah dan bersahabat, baik terhadap kucing lain maupun manusia. Kucing savannah juga sangat aktif bergerak dan punya kecerdasan yang lumayan baik dibandingkan dengan kucing lain, sehingga sangat menyenangkan untuk diajak bermain.

3. Meski punya tubuh dan kaki yang sangat panjang, sebenarnya ukuran tubuh kucing savannah tak terlalu berbeda dengan ras kucing domestik berukuran besar lainnya.

Kucing savannah punya ukuran tubuh dan kaki yang sangat panjang, membuatnya terlihat seolah kucing ini berukuran lebih besar dari kucing-kucing besar lain seperti kucing maine coon. Padahal, jika dibandingkan secara langsung, sebenarnya ukuran tubuh kucing ini tak terlalu berbeda dengan kucing lain.

4. Kucing savannah punya corak bulu yang sangat unik.

Selain bentuk tubuh dan wajah yang sangat mirip dengan cheetah, kucing savannah juga punya corak bulu indah yang sangat mirip dengan kucing besar asal Afrika tersebut. Kebanyakan kucing savannah memiliki bulu berwarna kuning keemasan dengan totol-totol hitam seperti corak bulu kucing liar. Namun, kucing ini juga bisa memiliki bulu berwarna hitam pekat. Perbedaannya dibalik bulu berwarna hitamnya, akan ditemukan totol-totol putih yang tersembunyi.

5. Kucing savannah sangat mudah dirawat dan jarang terkena penyakit.

Bagi anda yang malas harus melakukan grooming dan perawatan rutin pada kucing peliharaan anda, memelihara kucing savannah bisa jadi pilihan yang sangat bagus. Dengan bulu yang pendek dan halus, kucing savannah tak perlu perawatan bulu setiap hari, perawatan bulu setiap seminggu sekali sudah cukup untuk menjaga bulu kucing savannah tetap bagus dan sehat. Selain itu, kucing ini juga terkenal sangat tangguh dan tak mudah terserang penyakit.

***

Itulah sedikit fakta menarik tentang kucing savannah yang bisa kami bagikan kepada anda semua. Semoga bermanfaat.

5 Fakta Menarik Kucing Savannah yang Perlu Anda Tahu | Kucing Males | 5