Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

5 Cara Membasmi Kutu pada Kucing

Membasmi Kutu Kucing - Hewan mamalia berbulu seperti kucing tentunya merupakan tempat hidup yang sangat disukai serangga penghisap darah seperti kutu. Apalagi jika si kucing memiliki bulu lebat seperti pada kucing persia, persia medium, persia peaknose, persia himalaya, anggora dan maine coon dan kucing tersebut jarang dimandikan dan dirawat oleh pemiliknya, hampir bisa dipastikan si kutu bakal betah hidup dan berkembang biak di tubuh kucing kesayangan anda.

jika merasa gatal, kucing akan menggaruk tubuh dengan cakarnya
Seperti halnya pada manusia, kutu yang hidup dengan menghisap darah bisa membuat kucing peliharaan kita merasa gatal-gatal, jika begitu si kucing akan otomatis bereaksi dengan menggaruk bagian tubuhnya yang gatal. Hal ini tentunya akan merusak bulu dan bahayanya bisa menimbulkan infeksi yang mengancam kesehatan si kucing. Untuk mencegah hal buruk terjadi, alangkah baiknya jika sebagai pemelihara segera melakukan langkah-langkah penanganan ketika melihat gejala kucing peliharaan kita memiliki banyak kutu.

Cara terbaik untuk membasmi kutu pada kucing peliharaan tentu saja dengan membawanya kepada dokter hewan sebagai ahlinya dalam mengobati berbagai penyakit hewan. Namun perlu diingat, jika meminta bantuan pada dokter hewan berarti kita harus menambah budget pemeliharaan yang kadangkala cukup mahal dan memberatkan.

Jika anda tak ingin keluar uang banyak untuk dibayarkan pada dokter hewan, masih banyak cara lain yang bisa anda lakukan sendiri untuk mengobati dengan membasmi kutu pada kucing peliharaan anda. Beberapa tips dan cara berikut ini mungkin akan sangat efektif untuk membasmi kutu pada kucing kesayangan anda.

1. Mandikan kucing kesayangan anda dengan sampo khusus anti kutu.

Pertama kali Anda melihat gejala serangan kutu, segera mandikan kucing dengan sabun cuci piring beraroma lemon ringan atau sampo khusus untuk kutu kucing. Bilas dan ulangi proses pencucian untuk meyakinkan seluruh tubuh kucing telah tercuci bersih dan kutu-kutu sudah hilang.

2. Gunakan sisir kutu untuk menangkap dan membunuh sisa kutu yang masih tertinggal di bulu kucing.

Lanjutkan langkah pengobatan dan pembasmian dengan sisir kutu. Setelah kucing dimandikan, sisir bulu kucing untuk menghilangkan kutu yang masih tersisa. Bila perlu, sisir bulu kucing secara teratur setiap hari untuk mencegah dan memastikan tak ada lagi kutu yang tinggal di tubuh kucing anda.

3. Cuci juga berbagai perlengkapan yang sering digunakan sebagai tempat tidur dan bersantai oleh kucing peliharaan anda.

Selain memandikan kucing, cuci pula selimut atau alas yang biasa digunakan kucing kucing untuk tidur dan bermalas-malasan. Cuci perlengkapan tersebut dengan air panas dan tambahkan secangkir cuka di dalamnya untuk membunuh kutu dan telurnya yang mungkin tertinggal.

4. Menggunakan tanah diatom untuk membunuh kutu.

Vakum (sedot) seluruh ruangan di rumah anda secara teratur dengan penyedot debu. Ambil kantong vakum dan tambahkan satu sendok makan tanah diatom agar kutu mati lemas.

Anda bisa membeli tanah diatom di toko yang menjual perlengkapan berkebun. Sebagai langkah tambahan, anda juga bisa memercikkan sedikit tanah diatom di luar rumah untuk membantu menyingkirkan kutu kucing.

5. Menyemprot kucing dengan cairan lemon atau cuka.

Ambil satu panci air mendidih dan masukkan setengah buah lemon atau larutan cuka dengan komposisi 50/50 ke dalamnya. Tutup panci, biarkan air menjadi dingin dan lemon atau cuka larut dan bercampur sepenuhnya.

Setelah air dingin, tuangkan campuran larutan tersebut ke dalam botol semprot. Semprot kucing kesayangan anda setiap hari dengan larutan ini. Kutu membenci aroma jeruk lemon dan cuka sehingga si kutu sialan tidak akan mengganggu kucing anda lagi.

***

Itulah beberapa tips dan cara mudah untuk membasmi kutu pada kucing peliharaan anda yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus meminta bantuan dokter hewan. Semoga bermanfaat.

5 Cara Membasmi Kutu pada Kucing | Kucing Males | 5