Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

7 Jenis Kucing Hutan di Indonesia yang Makin Langka dan Terancam Punah

Jenis Kucing Hutan di Indonesia - Kepulauan Nusantara yang mayoritas merupakan wilayah Indonesia terkenal dengan keanekaragaman hayati yang memukau banyak ahli flora dan fauna dunia. Dengan ragam ekosistem yang tersedia, mulai dari ekosistem laut, rawa, sungai, hutan, gunung, dll, tak heran negara kita menjadi rumah bagi banyak jenis hewan, termasuk kucing liar. Dahulu kala, sebelum populasi manusia meledak dengan sangat dahsyat, Indonesia punya beragam jenis kucing besar atau macan atau harimau endemik di beberapa pulau besarnya, seperti Jawa, Bali, dan Sumatera.

Namun, dengan makin membludaknya populasi manusia, serta makin berkembangnya kehidupan modern, Harimau di Pulau Jawa dan Bali kemudian harus tersingkir hingga punah. Kini, jenis harimau endemik Indonesia yang masih tersisa hanya tinggal di Sumatera saja, itu pun dengan ancaman kepunahan yang makin menjadi setiap harinya.

Nasib harimau atau kucing besar itu kini mulai dirasakan juga oleh berbegai jenis kucing liar lainnya, baik itu macan kumbang, macan tutul, ataupun kucing hutan. Perkembangan ekonomi yang pesat harus mengorbankan banyak hutan dan alam liar sebagai habitat hidup si kucing liar, maka dari itu tak heran jika keberadaan kucing-kucing hutan Indonesia kini semakin langka dan beberapa di antaranya sudah masuk daftar endangered species, alias terancam punah.

Sebelum semua kucing hutan Indonesia punah, alangkah baiknya kita sebagai warga negara Indonesia sekaligus pecinta hewan harus belajar dan menambah wawasan tentang berbagai jenis kucing hutan yang ada di Indonesia. Siapa tahu dengan mengenal berbagai jenis kucing hutan yang ada di negara kita ini, kita bisa membantu upaya pelestarian hewan-hewan lucu tersebut, atau minimal tidak ikut mendukung upaya perburuan dengan tidak membeli hewan-hewan terancam punah ini di pasar gelap.

Untuk menambah wawasan anda, berikut ini 7 dari sekian banyak jenis kucing hutan di Indonesia yang keberadaanya kini semakin langka dan terancam punah.

1. Macan Dahan

kucing dahan kalimantan
Dengan populasi yang kian hari kian menyusut akibat semakin berkurangnya habitat hutan yang ada di pulau Kalimantan, macan dahan kalimantan termasuk salah satu kucing liar terlangka yang keberadaannya kini sangat terancam punah. Terakhir kali dilakukan penelitian, pada tahun 2008 lalu populasi macan hutan kalimantan diperkirakan hanya tersisa sekitar 10.000 ekor kucing dewasa saja.

2. Kucing Batu 


Kucing batu atau dikenal dengan nama marbled cat merupakan salah satu jenis kucing hutan yang ada di Indonesia. Kucing batu dapat di temukan di 2 pulau besar Indonesia, yakni Sumatera dan Kalimantan. Tak seperti kucing hutan lainnya, kucing batu punya ukuran tubuh yang cukup kecil, yakni seukuran kucing kampung. Kucing ini dikenal bisa bergerak sangat cepat, apalagi jika sedang berada di atas pohon.

3. Kucing Merah Kalimantan


Salah satu hewan endemik pulau Kalimantan ini keadaannya jauh lebih memprihatinkan, survey terakhir yang dilakukan IUCN pada tahun 2007 silam menyatakan bahwa populasi kucing merah kalimantan atau terkenal dengan nama Bornean Bay Cat hanya tinggal 2.500 ekor kucing dewasa saja. Dengan jumlah populasi sekecil itu, tak heran jika kucing ini termasuk salah satu spesies kucing hutan yang sangat terancam punah.

4. Kucing Bakau

kucing bakau sebagai perenang handal
Kucing Bakau merupakan salah satu spesies kucing terunik di dunia. Salah satu keunikan paling menarik adalah kucing ini sangat pandai berenang untuk berburu mangsa seperti ikan, katak, ular, dll. Kucing ini beradaptasi menjadi perenang handal karena habitat hidupnya memang berada di pinggiran sungai dan hutan-hutan bakau atau rawa.

5. Kucing Emas Asia


Kucing emas asia sebenarnya memiliki kawasan penyebaran populasi yang sangat luas, mencakup hampir semua bagian benua asia, khususnya dari tengah, timur, hingga ke selatan. Namun dengan semakin berkurangnya kawasan hutan liar sebagai habitat, alhasil kondisi kucing ini pun tak jauh berbeda dengan kucing liar lainnya, yakni sangat terancam punah. Di Indonesia sendiri, kucing emas asia bisa ditemukan di Sumatera dan Kalimantan.

6. Meong Congkok atau Kucing Kuwuk


Meong congkok atau juga dikenal dengan nama kucing kuwuk merupakan salah satu kucing hutan yang paling sering diperdagangkan di Indonesia. Kucing yang dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Leopard Cat ini memang unik, tubuhnya tak terlalu besar namun perawakan dan corak bulunya sangat mirip dengan macan tutul.

7. Kucing Kepala Datar


Kucing kepala datar merupakan kerabat dekat dari kucing bakau dan kucing kuwuk atau meong congkok, namun cara hidup dan habitatnya lebih mirip dengan kucing bakau, yakni di kawasan lahan basah seperti hutan bakau dan rawa. Seperti kucing bakau, kucing kepala datar tak takut air dan jago berenang untuk berburu mangsa. Di Indonesia sendiri, kucing ini bisa ditemukan di Sumatera dan Kalimantan.

***

Itulah sedikit bahasan mengenai 7 jenis kucing hutan yang ada di Indonesia. Belakangan, perdagangan kucing hutan di pasar gelap sedang kembali marak, padahal populasi mereka kian hari kian menyusut. Sebagai pecinta hewan yang baik, seharusnya kita mendukung upaya pelestarian kucing hutan, minimal dengan tidak ikut membeli dan memelihara kucing hutan di rumah. Jika ingin hewan peliharaan unik, masih banyak jenis kucing unik seperti bengal, maine coon, atau savanah yang bisa dipelihara dengan legal.

7 Jenis Kucing Hutan di Indonesia yang Makin Langka dan Terancam Punah | Kucing Males | 5