Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

6 Fakta Kucing Scottish Fold yang Perlu Kamu Tahu


Fakta Kucing Scottish Fold - Di dunia ini, ada berbagai jenis kucing tersebar di berbagai kawasan dengan ciri dan keunikannya masing-masing. Tiap-tiap daerah, punya kucing dengan keunikan tertentu, seperti rupa yang nampak aneh pada kucing Sphynx, bulu lebat dan hidung pesek kucing persia, tubuh ramping dan jenjang dari anggora, adapun yang memiliki kepala bundar dan telinga terlipat ala Sottish Fold. Semua jenis-jenis kucing ini punya keunggulan masing-masing, yang membuat mereka memiliki para penggemar tersendiri.

Nah, kali ini saya akan sedikit membahas jenis kucing yang terakhir tadi saya sebutkan, yakni jenis Scottish Fold. Beberapa fakta tentang kucing lucu nan menggemaskan ini mungkin akan dapat menambah wawasan anda, hingga siapa tahu anda jadi tertarik untuk memelihara kucing scottish fold.

1. Nama Scottish Fold berasal ciri khas kucing ini, yakni telinga yang terlipat (folded ears).

Scottish berarti jenis kucing ini berasal dari negara Skotlandia di Britania Raya, dan Fold merujuk pada bentuk unik telinga kucing Scottish Fold yang terlipat lucu. Dengan bentuk wajah yang bulat, tubuh gempal, plus kedua telinga terlipat, jadilah kucing ini menghadirkan rupa yang sangat lucu nan menggemaskan.


2. Semua Fold sebenarnya terlahir dengan telinga normal.

Meski kedua telinga yang terlipat rapi merupakan ciri khas dan keunikan dari kucing jenis ini, namun perlu anda tahu kalau tak ada kucing scottish fold yang terlahir dengan telinga terlipat. Semua anak kucing fold terlahir dengan telinga lurus mirip jenis kucing lainnya. Namun setelah si anak kucing berusia 3-4 minggu, kelainan atau mutasi genetik pada kucing ini akan mulai bekerja. Sim salabim, setelah waktunya tiba, telinga si kucing fold bakal terlipat selamanya.


3. Anak Scottish Fold yang telinganya tak kunjung terlipat, harus berganti nama menjadi Scottish Straight.

Jika bagi kucing biasa, telinga terlipat adalah kelainan yang tak normal, sebaliknya bagi kucing Scottish Fold, justru anak fold yang telinganya tetap lurus setelah berumur 3-4 minggu akan dianggap tak normal dan terbuang dari kaumnya dengan menyandang nama para Straights. Kemungkinan telinga anak kucing fold memang kecil sekali persentasenya, namun tak jarang terjadi.


4. Ukuran tubuh sedang dengan bentuk tubuh yang bulat dan gempal kian membuat kucing Scottish Fold terlihat sangat menggemaskan.


Melihat kucing ini dari foto sekilas saja bisa membuat saya langsung jatuh hati, apalagi jika melihat langsung atau bahkan mempunyai seekor Scottish Fold sebagai peliharaan, tak terbayangkan senangnya. Lihat saja pada foto di atas, bentuk tubuh yang gemuk, leher pendek, kepala bundar, dan tatapan polosnya benar-benar sempurna bikin gemess!

5. Scottish Fold termasuk salah satu jenis kucing yang sangat bersahabat, perhatian, dan sangat sayang pada pemiliknya.

Scottish Fold sangat suka diberi banyak perhatian, jika anda memberinya perhatian yang cukup, jangan kaget jika ia akan membalas dengan kasih sayang yang lebih. Kucing jenis ini juga sangat mudah bersahabat dengan hewan peliharaan lain jika kebetulan anda punya banyak peliharaan.

6. Scottish Fold sangat suka bermain di ruang terbuka.

Berbeda dengan kucing lain yang lebih senang dengan suasana damai nan tenang di dalam rumah pemiliknya, Scottish Fold lebih suka jika diajak bermain di luar ruangan. Kucing ini punya tingkat intelegensi yang cukup tinggi diantara jenis kucing lain, dan satu lagi, Scottish fold cukup aktif bergerak.

***

Itulah 6 fakta tentang kucing scottish fold yang bisa saya bagikan kepada anda semua. Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kalimat, semoga bermanfaat, salam..

*Sumber gambar : Flickr.com (Lisensi Creative Common)

6 Fakta Kucing Scottish Fold yang Perlu Kamu Tahu | Kucing Males | 5