Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

Kucing Siam (Siamese), Kucing Lucu yang Tak Butuh Banyak Perawatan


Kucing Siamese - Sesuai dengan namanya, kucing siamese berasal dari daerah Siam, atau saat ini dikenal sebagai negara Thailand. Pertama kali dikenal sebagai kucing peliharaan saat pertama kali diimpor ke Eropa sekitar tahun 1800-an. Setelah itu, kucing siamese mulai disukai para pecinta kucing hingga kemudian mulai dikembangbiakan oleh para breeder.

Kucing siamese tergolong jenis kucing berukuran sedang, dengan berat rata-rata kucing jantang 5-8 kg, dan kucing betina 4-6 kg. Kucing siamese banyak disukai karena termasuk salah satu jenis kucing eksotis yang sangat mudah untuk dipelihara. Kucing ini tidak rewel dan tidak terlalu butuh banyak perawatan khusus, maka tak heran banyak orang terutama yang tak punya banyak waktu luang lebih memilih memelihara kucing ini dibanding jenis kucing lain seperti persia yang butuh banyak perawatan khusus.

Kucing siamese memiliki perawakan tubuh yang panjang dan langsing. Leher, kaki, dan ekornya cukup panjang jika dibanding dengan jenis kucing lain. Ciri khas lainnya, kucing ini memiliki kepala agak lonjong dengan telinga besar berbulu hitam.

Keunggulan lain dari kucing siamese adalah kecerdasan otaknya yang lebih baik dibanding jenis-jenis kucing lain. Kucing siamese bisa anda latih untuk bermain lempar tangkap, berjalan di atas tali, atau menggunakan toilet untuk proses buang airnya. Kucing ini juga sangat penyayang dan selalu ingin ikut ambil bagian dalam beragam hal yang anda lakukan. Karena kecerdasan dan karakternya ini, jangan heran jika sewaktu-waktu kucing ini bisa belajar membuka laci atau pintu di rumah anda.

Kucing siam sangat cocok untuk dipelihara oleh keluarga yang memiliki anak-anak dan hewan peliharaan jenis lain, karena kucing ini sangat bersahabat, meski sebenarnya kucing siam sering lebih terikat dengan satu orang pemilik saja.

Yang perlu anda tahu, kucing siamese juga dikenal sebagai kucing yang cukup vokal dalam bersuara. Beberapa kucing siam mempunyai suara yang lumayan keras mirip tangisan bayi. Jadi jangan heran atau bertanya-tanya jika sewaktu-waktu kucing siam anda terus-terusan bersuara.

Baca juga : kucing birman, kucing persia himalaya, kucing bengal

Kucing Siam (Siamese), Kucing Lucu yang Tak Butuh Banyak Perawatan | Kucing Males | 5