Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

Kucing Birman, Kucing Suci dari Myanmar


Kucing Birman - Seperti namanya, kucing birman adalah jenis kucing yang berasal dari Birma atau kini lebih dikenal dengan nama Myanmar. Menurut legenda setempat, kucing birman merupakan penjaga kuil Lao Tsun. Masih dari cerita legenda yang sama, dulunya kucing birman sebenarnya memiliki bulu putih bersih dengan mata berwarna kuning emas.

Namun karena suatu kejadian yang menewaskan kepala kuil, saat menjelang kematian itu sang kucing meletakan telapak kakinya di wajah sang kepala kuil sambil melihat patung Tsun-Kyan-Tse, dewa emas di kuil tersebut. Pada momen inilah kemudian sang dewa emas mengubah warna mata kucing birman menjadi biru seperti miliknya, bulunya berubah agak keemasan, dan kaki, ekor, telinga, dan wajahnya mendapat warna cokelat serupa tanah di bumi. Begitulah cerita legenda yang dipercaya masyarakat Myanmar, maka tak heran hingga kini kucing birman dianggap sebagai kucing suci.


Sedangkan cerita sejarah modern dari kucing Birman hingga kini masih diperdebatkan, karena ada banyak versi cerita yang sama-sama punya fakta yang kuat. Satu versi cerita yang paling banyak dipercaya yakni dulu sekitar tahun 1920-an saat masa kolonial, kucing birman banyak diselundupkan dari Myanmar menuju Prancis.

Di Eropa, ternyata kucing birman banyak disukai sebagai peliharaan, dan kemudian diakui sebagai hasil pembiakan oleh Cat Registry Prancis di tahun 1925. Saat perang dunia kedua berlangsung di Eropa, kucing birman sempat hampir punah, karena hanya tinggal tersisa seekor jantan dan betina saja. Namun dengan bantuan persilangan dari kucing persia, kucing birman akhirnya dapat terselamatkan dan hingga kini terus dikembangbiakan oleh para peternak.

Begitulah cerita singkat tentang asal-usul dan sejarah kucing birman. Kini mari kita bahas tentang karakteristik dan sifat-sifat kucing birman.

Kucing birman merupakan jenis kucing dengan ukuran sedang, dimana berat rata-rata betinanya mencapai 3-5 kg dan jantannya 5-7 kg. Tidak seperti kucing persia, kucing birman memiliki bulu panjang sedang yang sangat halus jika dipegang dengan tangan. Secara garis besar, kucing birman memiliki karakteristik yang agak mirip dengan kucing siamese dan kucing ragdoll. Ciri paling mencolok dari kucing birman adalah mata bulatnya yang berwarna biru, dan bagian kaki berwarna putihnya yang sering disebut sarung tangan.

Kucing birman merupakan jenis kucing bersahabat yang mudah akrab dengan manusia. Kucing ini biasanya bergerak cukup aktif, namun tidak hiperaktif, jadi sangat cocok untuk dipelihara oleh kawan-kawan yang kurang suka dengan kucing pemalas ataupun yang terlalu aktif bergerak. Satu keunggulan lainnya, kucing birman cukup akur jika disatukan dengan kucing jenis lain atau bahkan dengan anjing. Sehingga kucing birman akan sangat cocok dipelihara oleh keluarga yang memiliki banyak jenis hewan peliharaan.


Kucing Birman, Kucing Suci dari Myanmar | Kucing Males | 5