Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

4 Masalah Kesehatan dan Penyakit Kucing yang Sering Menyerang


Masalah Kesehatan dan Penyakit Kucing - Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan kesayangan bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga. Namun, memelihara kucing juga tidak semudah membalik telapak tangan, karena ada beberapa masalah kesehatan kucing yang tidak dapat dihindari, dimana mungkin saja kamu harus berurusan dengan masalah penyakit kucing selama seumur hidup kucing milikmu.

Jika kamu adalah pecinta kucing yang telah berpengalaman, atau baru mulai mau memelihara, atau kamu sudah punya satu kucing namun kini sedang mempertimbangkan menambah jumlah kucing peliharaan yang kamu punnya, tentu akan sangat penting untuk mengenal dengan lebih baik tentang beberapa masalah kesehatan yang sangat umum menyerang kucing peliharaan kita, agar kamu bisa menentukan langkah-langkah penanganan masalah kesehatan kucingmu dengan baik.

Kutu


Kutu adalah masalah kesehatan yang sangat umum sering menyerang hewan berbulu seperti kucing, baik saat si kucing masih bayi, ataupun saat ia sudah beranjak dewasa. Kutu dapat mempengaruhi kucing, anjing, tikus dan mamalia kecil lainnya yang mungkin kamu miliki di rumah kamu. Selain itu, kutu-kutu tersebut juga bisa saja mencari makan dari kepala berambut milikmu, jadi kamu perlu menganggap serius masalah serangan kutu ini.

Seekor kucing bisa mendapatkan kutu dimanapun ia berada, terutama saat terjadi kontak dengan hewan yang terinfeksi, atau dengan apapun yang menjadi tempat kutu menyimpan larvanya. Cara paling efektif untuk mengobati serangan kutu pada kucing kamu adalah dengan menggunakan beberapa produk obat anti kutu untuk memastikan bahwa semua kutu dapat diberantas.

Ada banyak produk seperti sampo, bedak, semprotan, dan berbagai jenis lain obat anti kutu yang tersedia di bagian perawatan hewan dari sebagian besar toko hewan peliharaan yang ada di kota-kota besar.

Cacing


Masalah kesehatan lain yang sering terlihat pada kucing adalah cacing. Memiliki kucing yang penuh dengan cacing dapat menjadi masalah besar, terutama ketika berhadapan dengan infeksi cacing yang berbahaya. Ada banyak jenis cacing yang dapat mempengaruhi kesehatan kucing, antara lain cacing pita, cacing hati, cacing tambang, cacing cambuk dan cacing yang menyerang paru-paru.

Cacing dapat menyebabkan masalah pencernaan parah pada kucing, karena mereka biasanya tinggal di saluran usus kucing. Jika kamu percaya bahwa kucing kamu telah terinfeksi dengan cacing, segeralah menghubungi dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat sebelum masalah kesehatan pada kucingmu bertambah parah.

Hairballs


Berurusan dengan hairballs merupakan bagian yang tidak dapat dihindari saat memelihara kucing, apalagi jika kucing peliharaan kita termasuk jenis kucing yang berbulu lebat. Meski biasanya hairballs lebih sering terjadi pada kucing berambut lebat, namun ternyata masalah kesehatan ini juga bisa menyerang hampir semua jenis kucing dewasa.

Hairballs terbentuk ketika si kucing sering secara tak sengaja memakan bulu mereka saat membersihkannya dengan menjilat. Bulu-bulu tersebut kemudian terkumpul dan menggumpal di dalam perut. Hairball ini akan keluar baik lewat muntahan, ataupun melewati usus kucing. Hal ini tentu akan mengganggu pencernaan si kucing.

Cara terbaik untuk membantu mencegah hairballs adalah dengan cara membeli formula makanan kucing khusus yang mengandung serat yang cukup untuk membantu kucing mencerna setiap bulu tertelan.

Infeksi Virus


Sama seperti manusia, kucing juga sangat rentan dengan serangan infeksi virus. Meskipun beberapa diantaranya merukana serangan infeksi virus yang relatif ringan (seperti virus flu), namun kamu harus tetap waspada, karena ada juga beberapa virus yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius pada kucing.

Misalnya, ada virus yang disebut FLV yang dapat mempengaruhi kucing dalam keseluruhan fase pertumbuhannya. FLV singkatan dari "Feline Leukemia Virus", dan dapat ditularkan melalui hubungan dengan hewan yang terinfeksi lainnya. Pengobatan untuk infeksi dengan FLV sangat mahal dengan kemungkinan sukses yang relatif kecil. Sebagian besar kucing yang terkena infeksi virus ini akhirnya harus mengalah pada si penyakit.

Namun, jangan khawatir, selama kamu melakukan pencegahan terbaik, serangan virus ini bisa dihindarkan. Saat ini, dengan berbagai kemajuan di bidang kedokteran hewan, vaksin untuk FLV sudah tersedia, namun untuk mendapatkan vaksin ini, kamu harus menerima rekomendasi dari dokter hewan.

4 Masalah Kesehatan dan Penyakit Kucing yang Sering Menyerang | Kucing Males | 5