Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

3 Cara Memandikan Kucing Persia di Rumah


Cara Memandikan Kucing Persia – Demi menjaga kesehatan kucing peliharaan, berbagai cara perawatan tentunya harus dilakukan, salah satu yang paling penting adalah dengan cara memandikan kucing peliharaanmu secara teratur. Kucing kan takut air, kenapa harus dimandikan? Kucing kan mahluk hidup juga, kalau kebersihannya tidak terjaga, pastinya bakal sangat rentan dengan serangan penyakit, terutama jamur pada kulitnya, apalagi kucing ras tertentu yang punya bulu lebat macam kucing persia. Nah, untuk mencegahnya, kamu perlu memandikan si kucing minimal seminggu sekali.

Memandikan kucing Persia sebenarnya tak terlalu sulit, namun cukup ribet juga sih, hehe. Butuh ketelatenan dan kesabaran saat memandikan kucing yang katanya ngga suka berada di air. Bagi kamu yang males untuk beribet-ribet ria memandikan kucing peliharaanmu, kini sudah banyak jasa memandikan kucing yang ditawarkan oleh salon-salon kucing atau petshop yang ada kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, kamu tinggal cari saja infonya dengan browsing di internet atau bisa tanya-tanya di komunitas pecinta kucing di kotamu. Biasanya untuk menikmati jasa ini, kamu harus membawa si kucing ke lokasinya, namun kadang ada juga yang menawarkan untuk mengirim pegawai ke rumahmu, jadi kamu ngga perlu repot bawa si kucing ke salon.

Namun, bagi kamu yang ogah membayar uang untuk memandikan si kucing, dan ingin memandikannya sendiri di rumah, kali ini kucing males bakal berbagi tips tentang cara memandikan kucing Persia peliharaanmu di rumah. Wah, gimana nih langkah-langkahnya? Mari kita bahas satu persatu.

Siapkan Peralatan untuk Memandikan si Kucing

Peralatan yang kamu butuhkan untuk memandikan kucing Persia, antara lain adalah sebagai berikut :
  • Sisir (kalo bisa yang khusus untuk kucing)
  • Sabun atau Shampo khusus kucing
  • Handuk (siapkan beberapa ekor handuk sebagai cadangan)
  • Sikat gigi
  • Alat pembersih telinga (bisa pake cotton bud)
  • Gunting
  • Blower untuk mengeringkan bulu, atau bisa pake hair dryer
  • Wadah air (bisa ember atau yang sejenis)
  • Sikat karet

Bersihkan dulu Telinga dan Bulu Kucing Persia

Sebelum merendam eh memandikan kucing Persia milikmu, baiknya kamu bersihkan dulu telinga si kucing dengan cotton bud, setelah itu sisir dan rapikan bulu si kucing dengan sisir. Buang kotoran-kotoran yang menempel di bulu si kucing, jika ada bulu yang kusut, atau pajeulit, atau njelimet, atau gimbal, potong dan buang dengan gunting. Setelah telinga si kucing bersih dari kotoran, dan bulunya telah rapi, saatnya kucing Persia milikmu siap untuk direndam, eh dimandikan.

Langkah Memandikan Kucing Persia

1. Kalau bisa, sebaiknya kucing persia dimandikan dengan air hangat. Cara memandikannya bisa menggunakan gayung untuk membasahi badan si kucing, atau lebih bagus disiram secara perlahan dengan menggunakan shower. Perlu untuk diperhatikan, jaga bagian kepala si kucing agar air jangan sampai masuk ke bagian telinga, hidung dan mata kucing.

2. Setelah tubuh si kucing basah kuyup secara merata, barulah gunakan sabun atau shampoo khusus kucing. Tuangkan shampoo secara merata, dan usap bulu di badan si kucing dengan lembut. Untuk membersihkan bagian telapak kakinya, gunakan sikat gigi untuk menggosoknya.

3. Setelah dirasa cukup bersih, bilas lagi badan si kucing dengan air bersih untuk menghilangkan sabun dan shampoo yang menempel. Jika kucingmu bersikap baik dan tidak berontak, badan si kucing bisa direndam di dalam ember berisi air hangat, agar sabun atau shampoo hilang dengan baik.

4. Setelah selesai, peras bulu di badan si kucing pelan-pelan agar kandungan air dalam bulunya bisa sedikit terbuang, kemudian keringkan bulu si kucing dengan handuk. Gunakan handuk cadangan jika bulu si kucing masih terlihat sangat basah.

5. Terakhir, gunakan blower atau hairdryer untuk mengeringkan bulu si kucing secara maksimal. Jangan gunakan hairdryer dengan kekuatan maksimal, karena biasanya si kucing bakal takut dan bisa stress. Keringkan secara perlahan, jika si kucing tak bisa diam dan terus menghindar dari hairdryer, keringkan di dalam kandang.

6. Jika telapak kaki si kucing penuh dengan bulu, guntinglah bulu-bulu tersebut agar telapak kaki kucing bersih.

Nah, selesai sudah info tentang cara memandikan kucing persia yang dapat kucing males bagikan kepada anda semua, semoga bermanfaat..
3 Cara Memandikan Kucing Persia di Rumah | Kucing Males | 5