Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

10 Fakta Menarik Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon - Kucing jenis ini adalah salah satu ras kucing yang paling populer di AS dan dunia, alasannya karena mereka adalah salah satu dari jenis kucing keturunan tertua di Amerika. Maine Coon kabarnya merupakan kucing asli negara bagian Maine (di mana mereka juga ditetapkan sebagai kucing resmi negara bagian tersebut), namun darimana awalnya mereka berasal masih merupakan sebuah misteri.

Satu satu teori menyatakan bahwa kucing ramah ini dikembangkan dari perkawinan antara kucing liar dan rakun, tapi itu hanya merupakan sebuah mitos. Teori lain menyatakan Kucing Maine Coon pertama adalah milik Marie Antoinette, yang mengirim dia (bersama dengan lima kucing peliharaan lainnya) ke Amerika selama Revolusi Perancis ketika ia berencana untuk melarikan diri.

Yang ketiga, dan yang paling masuk akal adalah teori yang mengatakan bahwa Maine Coon berasal dari perkawinan antara kucing domestik berbulu pendek dan dengan kucing longhairs yang diperkenalkan ke Amerika oleh pelaut New England atau bangsa Viking (yang sering membawa kucing di kapal mereka untuk mengendalikan populasi tikus).

Tak peduli dengan asal mula dan sejarahnya, yang pasti kini kucing Maine Coon telah dipuja-puja oleh para pecinta kucing selama berabad-abad dan mereka dengan cepat selalu dapat menemukan tempat spesial di hati para pemilik mereka. Kucing ini juga kadang-kadang sering disebut "anjing-nya dunia kucing" karena mereka setia, menyenangkan, dan, tidak seperti banyak keturunan kucing lainnya, mereka lebih senang bermain di tanah dan sering menikmati aktivitas yang berhubungan dengan air. Apa lagi yang menarik tentang ini kucing besar yang lucu ini? Berikut 10 fakta menarik tentang Kucing Maine Coon.

1. Kucing Ras Terbesar di Dunia

Maine Coons adalah kucing ras dengan ukuran tubuh terbesar. Mereka bertulang besar dan berotot, pejantannya bisa tumbuh hingga berat 9 kg. Panjang tubuh kucing Maine Coon bisa sampai 40 inci dengan 75 kombinasi warna bulu yang berbeda. Mereka juga disebut Kucing Longhair Amerika.

2. Satu-satunya Kucing asli asal Amerika Serikat

Seperti disebutkan, Maine Coon dianggap hasil persilangan antara kucing shorthair domestik amerika dan kucing yang menumpang ke Amerika pada kapal pendatang Eropa. Hanya hewan terkuat yang bisa bertahan di lingkungan keras New England pada musim dingin saat itu, dan sampai hari ini Maine Coons dikenal sebagai kucing pekerja yang hangat dengan keterampilan berburu yang sangat baik.

3. Mereka selalu siap untuk musim dingin

Kucing Maine Coons telah beradaptasi dengan kehidupan di pantai timur Amerika yang keras, mereka memiliki bulu yang panjang, bulu leher yang berlapis-lapis dan cakar besar yang sering membantu mereka berjalan di salju. Mereka juga memiliki telinga berbulu (beberapa dengan jumbai) dan bulu ekor lebat, yang benar-benar dapat membungkus tubuh mereka untuk mendapat kehangatan ekstra.

4. Maine Coon adalah anjing-nya dunia kucing

Maine Coons cenderung sangat bersahabat dan senang berinteraksi dengan manusia. Mereka dikenal sangat ramah, setia, dan sangat lucu. Maine Coon biasanya cepat akrab dengan anak-anak, mereka juga bisa bersahabat dengan hewan peliharaan lainnya. Mereka bahkan bisa bermain lempar tangkap seperti anjing atau berjalan pada tali!

5. Maine Coon tidak bersuara seperti kucing jenis lain

Maine Coons biasanya tidak mengeluarkan suara "meoow" sebagaimana biasanya kucing bersuara. Mereka biasanya berkicau dan bergetar (campuran dari meong dan mendengkur). Kucing Maine Coon biasanya berkicau ketika mereka melihat mangsa dan bergetar seperti mendengkur jika mengekspresikan kebahagiaannya.

6. Mereka adalah kucing yang suka air

Tidak seperti kucing lain yang benci air, kebanyakan kucing Maine Coon menikmati beraktivitas air. Mereka memiliki bulu kedap air dan dapat berenang dengan cukup efisien.

7. Kucingnya Charles Coon

Teori lain tentang bagaimana kucing Maine Coon mendapatkan nama mereka adalah mereka merupakan keturunan kucing pelaut milik kapten kapal Inggris bernama  Charles Coon, yang berlayar di New England pada tahun 1800-an.

8. Masih sedarah dengan kucing hutan Norwegia

Namun teori lain tentang asal muasal kucing Maine Coon menyatakan bahwa mereka datang ke Amerika dengan bangsa Viking, yang menjadi alasan kenapa rupa mereka menyerupai kucing hutan Norwegia.

9. Mereka sama sekali tidak punya hubungan dengan musang

Ada mitos beredar yang mengatakan bahwa kucing Maine Coon merupakan keturunan musang, pada kenyataannya hal itu sama sekali tidak benar.

10. Pemenang Pertama American Cat Show

American Cat Show pertama kali diadakan di New York City pada tahun 1895. Dan pemenangnya adalah kucing Maine Coon berbulu coklat bernama Cosey, milik Mrs E.N.Barker.

10 Fakta Menarik Kucing Maine Coon | Kucing Males | 5