Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

4 Fakta Kucing Persia yang Perlu Kamu Tahu


Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing peliharaan paling populer di Indonesia. Keunikan kucing persia terletak pada bulunya yang lebat, serta bentuk wajah (terutama hidung) kucing persia yang sangat unik dan khas. Di timur tengah, kucing persia dikenal dengan nama Shiraz atau Shirazi, sedangkan di Inggris kerap disebut Longhair atau Persian Longhair. Sesuai dengan namanya, kucing persia ini berasal dari Kerajaan Persia (kini Iran). Kucing persia mulai menyebar ke seluruh dunia sejak pertama kali diimpor ke Eropa pada tahun 1620. Sejak saat itu, kucing persia semakin menyebar ke banyak negara di dunia, karena memang kucing ini sangat unik dan lucu untuk dijadikan hewan peliharaan.

Di Indonesia sendiri, kucing persia telah menjadi salah satu hewan peliharaan favorit bagi kebanyakan orang. Wajar saja, dengan mayoritas penduduk beragama Islam (yang mengharamkan anjing), kucing menjadi alternatif peliharaan paling aman dan nyaman sebagai teman keluarga di rumah. Ada beberapa jenis kucing persia yang sangat populer di Indonesia, diantaranya jenis kucing persia medium, persia himalayan, persia flatnose, dan persia peaknose. Setiap jenis yang telah disebutkan barusan memiliki jumlah penggemar dan pecintanya masing-masing dalam jumlah yang cukup besar, terbukti dengan munculnya banyak komunitas-komunitas pecinta kucing persia di berbagai kota di Indonesia.

Warna

Bagi sebagian orang, warna bulu kucing persia yang dimiliki merupakan satu hal yang teramat penting. Ada beberapa warna bulu yang biasanya dimiliki kucing persia, paling umum berwarna putih, hitam, abu, dan kuning. Tak jarang juga yang berwarna putih sedikit kecoklatan, atau ada kombinasi beberapa warna dalam seekor kucing persia, hal ini tergantung dari gen yang diturunkan indukannya. Anda tinggal pilih warna seperti apa yang anda suka saat hendak membeli atau mengadopsi kucing lucu ini.

Karakteristik

Kucing persia sangat disukai karena memiliki karakteristik yang cukup kalem dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. Dari semua jenis kucing persia, mungkin hanya jenis persia himalayan yang cukup aktif bergerak, hal ini dikarenakan pengaruh gen kucing siamese yang ada dalam tubuh persia himalayan. Kucing persia juga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, cukup bersahabat dengan manusia, dan tidak mudah stres. Hal ini turut membuat kucing persia semakin populer dan disukai banyak orang sebagai hewan peliharaan di rumah. Dengan karakteristik ini, kucing persia sangat cocok untuk jadi hewan peliharaan anda yang tak suka dengan hewan agresif dan kurang bersahabat.

Makanan

Jika anda berminat untuk memelihara kucing persia, anda perlu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang akan diberikan pada si kucing persia ini, karena kucing persia merupakan salah satu jenis kucing yang mudah mengalami kerontokan bulu andai nutrisi dan gizi nya kurang. Untuk memperoleh makanan kucing persia cukup mudah, hampir di setiap petshop atau toko hewan, berbagai makanan kucing persia banyak dijual.

Penyakit

Karena kucing persia memiliki bulu yang cukup panjang dan lebat, ada banyak penyakit yang mengintai jika anda tak merawat kesehatan dan kebersihan kucing milik anda dengan baik. Beberapa penyakit yang sering menyerang kucing persia antara lain, jamuran, penyakit mata, dan penyakit hair ball. Agar kucing persia selalu sehat dan terhindar dari penyakit, rawat selalu si kucing dengan baik, mandikan kucing dengan rutin, dan jaga asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuhnya, bila perlu periksakan ke dokter hewan secara rutin.

Itulah sedikit bahasan mengenai salah satu jenis kucing paling populer di Indonesia, yakni kucing persia, dengan nilai spesial yang dimiliki, tak heran jika harga kucing persia cukup tinggi per ekornya. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

4 Fakta Kucing Persia yang Perlu Kamu Tahu | Kucing Males | 5