Cari Info Lain tentang Kucing di Sini

5 Cara Merawat Kucing Persia dengan Baik


Cara Merawat Kucing PersiaKucing Persia merupakan salah satu jenis kucing cantik dan lucu dengan bulu panjang yang menjadi idola banyak pecinta kucing. Tak heran kucing Persia menjadi salah satu jenis kucing yang paling banyak dipelihara oleh pecinta kucing. Namun, perlu diingat, jika merawat kucing Persia tak semudah membalikkan telapak tangan lho, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar kucing Persia milikmu selalu sehat, bersih, jauh dari penyakit, dan tidak stress.

Bagi para pecinta kucing yang telah berpengalaman, pastinya merawat kucing Persia sudah bukan perkara sulit lagi, namun bagi para pemula, mungkin agak sedikit bingung bagaimana sih cara merawat kucing Persia yang baik dan benar, salah salah nanti malah jadi stress dan penyakitan kucingnya. Nah, kali ini, kucing males bakal berbagi tips tentang cara merawat kucing Persia yang baik dan benar, langsung saja kita bahas satu persatu ya..

Makanan dan Minuman

Yang pertama dan paling penting tentunya soal makanan dan minuman untuk si kucing Persia milikmu. Soal asupan gizi buat si kucing, kamu ngga boleh kasih sembarang makanan. Beri makanan khusus untuk kucing yang mengandung protein tinggi, biar kucingmu tetap sehat, dan bulunya tumbuh bagus dan ngga rontok.  Untuk jenis-jenis makanannya, bisa di baca di “makanan kucing Persia”. Dan satu hal lagi, jika kucingmu masih kecil, alias masih anakan, alias kitten, alias umurnya masih dibawah 1 tahun, beri makanan khusus untuk kitten, jangan disamakan dengan kucing dewasa. Untuk minumannya, usahakan beri air yang sudah matang.

Jaga Kebersihan si Kucing

Kebersihan merupakan hal yang sangat penting jika kucingmu tidak ingin terserang penyakit. Mandikan kucingmu minimal seminggu sekali. Bersihkan bulunya secara rutin, dan bersihkan juga telinganya. Jangan lupa untuk memotong kuku-kuku si kucing jika sudah nampak panjang. Kucing Persia merupakan kucing berbulu lebat dan cukup panjang, sehingga kamu perlu sering melakukan grooming pada bulu si kucing, agar bulunya tumbuh sehat dan bagus. Kadang-kadang si kucing juga perlu berinteraksi secara langsung dengan sinar matahari, jadi kamu perlu menyediakan tempat terbuka untuk tempat berjemur si kucing. Untuk tempat buang air, kamu perlu membersihkannya secara rutin, karena kucing Persia merupakan tipe kucing pemilih, jika tempat buang airnya kotor, jangan marah jika si kucing malah buang kotoran di kamarmu, hehe.

Sediakan Tempat yang Nyaman

Kucing suka sekali bergerak bebas kesana kemari, makanya kamu perlu menyediakan tempat yang cukup luas agar si kucing bisa bebas beraktivitas. Jangan tempatkan kucingmu di tempat yang terlalu panas ataupun terlalu lembab, kucing Persia suka dengan tempat yang adem.

Beri Vaksin dan Kontrol Kesehatan si Kucing

Kucing Persia lumayan rentan terkena penyakit, maka dari itu, untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya, kamu perlu memberi vaksin. Vaksinasi dilakukan dalam waktu setahun sekali, jadi kamu ngga butuh banyak waktu untuk ngurus soal vaksin ini. Jika pemberian vaksin dirasa belum cukup, ada baiknya untuk selalu mengontrol kesehatan kucingmu dengan rutin cek kesehatan si kucing pada dokter hewan. Pemberian vitamin dan nutrisi tambahan juga sangat bagus untuk kesehatan si kucing.

Sering-Seringlah Berinteraksi dengan si Kucing

Seperti manusia, kucing juga perlu untuk bersosialisasi. Sediakanlah waktu untuk bermain bersama kucingmu setiap hari, agar si kucing tidak jenuh, stress, dan bisa aktif bergerak. Sering berinteraksi juga akan meningkatkan hubungan antara peliharaan dengan majikannya, kucingmu pasti bakal senang dan semakin akrab dengan pemiliknya.


Itulah sedikit tips mengenai cara merawat kucing Persia yang baik dan benar yang bisa kucing males bagikan pada kamu semua. Semoga bermanfaat..

5 Cara Merawat Kucing Persia dengan Baik | Kucing Males | 5